triplek

Mengenal Triplek Dengan Beragam Keunggulannya Dalam Pasar

Hal pertama apa sih yang ada dipikiran kalian jika mendengar nama supplier triplek yang merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai komponen pelengkap dalam sebuah pembangunan atau pembuatan furniture ini? Pasti untuk sebagian orang hanya akan terbesit bahwa triplek hanya sebuah kayu dengan lapisan tipis yang tidak banyak memiliki impact dalam pembuatan sebuah produk atau bangunan. Padahal pemikiran itu tidaklah benar, nah sekarang yuk kita bahas lebih banyak terkait dengan triplek ini.

Apa sih itu triplek ?

Triplek merupakan sebuah produk olahan kayu yang berupa kayu lapis, triplek ini masuk dalam produk sejenis papan pabrikan yang terbuat dari lapisan – lapisan kayu yang kemudian direkatkan secara bersama-sama untuk menghasilkan sebuah kayu yang utuh. Triplek juga merupakan produk olahan kayu lapis yang menjadi salah satu produk kayu dengan peminat yang cukup tinggi jika dibandingkan produk kayu lainnya.

Triplek memiliki beberapa jenis, sebenarnya triplek ini punya banyak jenisnya sih tapi untuk kali ini kita mau bahas tiga jenis triplek yah. Apa aja sih itu ? yuk simak dengan seksama yah.

Partikel Board / Triplek Low Density Fiberboard

Untuk jenis triplek yang pertama ini yaitu triplek jenis partikel board yaitu jenis triplek yang sering disebut oleh para supplier triplek dan para konsumen dengan kata singkatan yaitu LDF, jenis triplek partikel board ini merupakan jenis triplek pabrikan yang dimanufaktur atau dibuat dari dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu atau sisa dari hasil gergajian kayu.

 Terkadang jenis triplek ini juga menambahkan campuran resin sintetik di dalam lapisannya yang kemudian akan dipress secara bersamaan agar menjadi hasil akhir. Jenis triplek Partikel board ini juga merupakan jenis triplek yang lebih terjangkau dalam kisaran harganya jika dibandingkan dengan jenis triplek yang lain, akan tetapi juga memiliki kelemahan yaitu untuk kualitas padatnya tidak terlalu kuat. Untuk kelas triplek, jenis triplek partikel board ini termasuk kedalam jenis triplek yang yang paling ringan dan lunak.

Medium Density Fiberboard

Untuk jenis triplek Medium Density Fiberboard biasanya para supplier triplek dan konsumen sering menyingkatnya dengan singkatan MDF, untuk jenis triplek jenis ini menggabungkan antara serat kayu yang bertekstur lunak dan keras yang kemudian akan ditempelkan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi agar semua lapisan bisa menyatu dengan sempurna. Lalu untuk tingkat kekuatan dan daya tahan triplek jenis ini setingkat lebih baik jika dibandingkan dengan jenis triplek LDF yang mana jenis triplek ini sering digunakan untuk pembuatan kabinet atau kerajinan tangan. 

Multiplek

Untuk jenis triplek yang terakhir yaitu jenis triplek Multiplek, yaitu merupakan jenis triplek yang kualitasnya setingkat lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis triplek partikel board, material yang digunakan pada jenis triplek ini adalah terbuat dari kulit kayu yang disusun dan kemudian direkatkan dan dipress secara berlapis-lapis untuk memastikan ketahanannya. 

Tekstur dari jenis triplek ini cukup rapat dan daya tahannya juga lebih tinggi, serta tahan air. Dan jenis triplek ini biasanya sering digunakan pada pembuatan perabot, multiplek umumnya bisa tahan lama dan awet. Sehingga untuk jenis triplek ini memiliki banyak peminat dan biasanya para supplier triplek banyak menyediakan jenis triplek ini.

Apa sih kelebihan triplek? dan kenapa harus triplek?

Alasan kenapa harus menjadikan triplek sebagai pilihan saat kamu mau membuat sebuah perabot dan keperluan yang lain, karena triplek mempunyai banyak kelebihan. Diantara kelebihan – kelebihannya itu adalah, triplek lebih mudah dibentuk dan dipasangkan di mana saja karena triplek memiliki tekstur yang fleksibel, ringan, dan mudah didaur ulang tetapi tetap kokoh. 

Selain dari itu triplek juga dapat digunakan sebagai salah satu komponen dalam pembangun rumah atau material dasar pembuatan furnitur indoor. Dan triplek pun memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan material yang lain, serta untuk mendapatkannya pun tidak sulit. Para konsumen dapat membeli triplek langsung pada para supplier triplek terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.