penjelasan lengkap baja ringan kanal u

Apa Itu Baja Ringan Kanal U? Berikut Adalah Penjelasan Selengkapnya

Membuat konstruksi bangunan membutuhkan berbagai macam dukungan material. Salah satunya adalah penggunaan material baja ringan. Saat ini baja ringan memang selalu digunakan sebagai alternatif pilihan dalam setiap kebutuhan pembangunan konstruksi, misalnya seperti pembuatan rangka atap yang memanfaatkan baja ringan kanal U.

Mengenal baja ringan kanal U

Bagi mereka yang kerap membangun konstruksi dengan material ramah terhadap kondisi apapun, mungkin sudah tidak asing dengan baja ringan kanal U. Namun bagi mereka yang sedang ingin beralih dari penggunaan material kayu ke baja ringan, mungkin jenis kanal U pada baja ringan terdengar asing.

Baja ringan kanal merupakan suatu produk pabrikasi yang menggunakan bahan utama dari play koil atau sejenis lembaran baja maupun galvalume dengan lapisan chrome. Dalam pembuatan baja kanal biasanya membutuhkan dukungan mesin berteknologi tinggi dengan sistem komputerisasi sehingga akan mampu menghasilkan bentuk serta ukuran yang sesuai standar dan tentunya akan presisi.

Dimana ketika baja ringan kanal sudah diproduksi sesuai dengan standar, maka selanjutnya adalah dilakukan proses penjualan. Dalam pembuatanya, proses yang dibutuhkan terbilang cukup cepat.

Secara umum langkah pertama yang dilakukan dalam pembuatan baja ringan kanal adalah dengan melakukan pemotongan plat. Setelah selesai akan dilanjutkan dengan proses penekukan hingga menjadi bentuk besi kanal sesuai dengan dimensi tertentu. Jika sudah proses selanjutnya adalah dengan melakukan pemotongan sesuai dengan panjang standar. Dan untuk langkah terakhir adalah melakukan proses pendinginan.

Salah satu jenis baja ringan kanal yang diminati untuk saat ini adalah baja ringan kanal jenis U. Sama seperti namanya, baja ringan kanal jenis U akan memiliki bentuk menyerupai huruf U.

Sedangkan dalam pengaplikasiannya, baja ringan kanal jenis U kerap digunakan sebagai rangka atap, blok penutup, penopang dinding serta dijadikan elemen konstruksi lain termasuk sebagai sambungan. Selain itu baja ringan kanal jenis U juga kerap digunakan pada industri otomotif.

Baja ringan kanal U dalam konstruksi

Memiliki kualitas yang begitu kokoh kerap menjadikan baja ringan kanal jenis U digunakan dalam berbagai macam kegunaan kontruksi. Mulai dari pembangunan rumah, gedung perkantoran atau menjadikan baja ringan kanal jenis U sebagai salah satu material yang digunakan untuk membuat bak mobil pick up atau truk.

Saat ini baja ringan kanal jenis U kerap ditemukan pada proses pembangunan konstruksi purlin. Purlin sendiri adalah penutup rangka pada bagian atap konstruksi. Selain itu baja ringan kanal jenis U juga kerap digunakan sebagai struktur horizontal penopang dinding atau dalam dunia konstruksi kerap disebut sebagai girl.

Fungsi dari girt hampir sama seperti purlin yaitu untuk nehan berbagai macam jenis guncangan, baik itu yang disebabkan oleh angin kencang maupun gempa bumi. Pada proyek tertentu penggunaan baja ringan kanal jenis U kerap diaplikasikan pada kontainer truk sampah, konstruksi rangka tangga serta gardu listrik.

Nah itulah beberapa penjelasan terkait dengan baja ringan kanal U.

Leave a Reply

Your email address will not be published.