Ilustrasi Cetak Cover Buku

3 Fungsi Cetak Cover Buku yang Penting, Simak Informasinya dengan Baik!

Penampilan pada sebuah buku akan jauh lebih menarik apabila dilengkapi dengan desain cover. Dengan adanya cover, akan menimbulkan rasa penasaran bagi Anda untuk membaca informasi yang ada di dalam buku tersebut. Lalu, apa fungsi dari cetak cover buku? Anda bisa menyimak informasinya berikut ini.

1.    Sebagai Pelindung Isi Buku

Cover buku berperan penting dalam memelihara informasi yang terdapat pada isi atau lembaran-lembaran buku agar tidak cepat rusak. Selain itu, cover buku juga membuat penampilan buku menjadi lebih berwarna, unik, menarik, dan memikat pembaca. Dengan demikian, Anda akan menjadi tertarik untuk membaca isi buku tersebut. Kemudian, cover buku tersebut menjadi pertimbangan dalam segi perawatan isi buku agar selalu awet dan tahan lama. Karena, cover buku mampu melindungi isi buku dari tempat-tempat yang lembab dan mencegah terjadinya kekusutan pada kertas. Sehingga, kertas yang berisi informasi buku ini tetap terjaga kerapiannya. 

2.    Menampilkan Makna dan Informasi dari Isi Buku

Salah satu pentingnya untuk cetak cover buku adalah agar Anda bisa mengetahui apa makna dan informasi yang terdapat dari isi buku tersebut. Melalui desain cover buku, Anda bisa menebak makna apa yang dilukiskan oleh penulis buku tersebut. Biasanya, di bagian belakang cover buku ini selalu diberikan sinopsis dari jalan cerita yang terdapat pada isi buku. Alhasil, Anda bisa mengetahui ringkasan alur cerita hanya dengan melihat dari cover buku saja. Setiap buku memiliki ciri khas cover yang berbeda-beda satu sama lainnya. Mengapa demikian? Karena setiap penulis memiliki karakteristik cerita dan desain tersendiri untuk menarik perhatian dari kaum pembaca. Oleh karena itu, desain pada cover buku dibuat sedemikian rupa untuk menampilkan poin-poin yang penting dari isi buku tersebut. 

3.    Mengilustrasikan Jenis Genre Buku

Melalui cetak cover buku, Anda bisa mengetahui jenis genre dari buku tersebut. Seperti yang telah diketahui bersama, jika ada banyak sekali jenis-jenis genre buku yang berkembang hingga saat ini. Dengan melihat desain cover buku, Anda bisa langsung menebak jenis genre buku. Apakah genre anak-anak, genre romantis, atau genre remaja. Dengan demikian, Anda lebih mudah menentukan perbedaan dari genre-genre buku ketika sedang mencari buku yang diinginkan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.