ice cream machine

Kenali Fungsi Komponen Ice Cream Machine Agar Hasilkan Es Krim Lebih Lezat

Seperti mesin-mesin pada umumnya. Ice cream machine memiliki komponen-komponen di dalamnya. Komponen dalam mesin berdampak kepada es krim yang dihasilkan. Ingin tahu apa saja komponennya? Berikut adalah ulasan singkatnya.

Komponen penting ice cream machine

  1. Kompressor

Kompressor adalah bagian dari refrigerasi sistem yang berfungsi untuk mengatur kompresi pada freon, sehingga terjadi pembekuan pada eskrim. Kompressor adalah komponen utama mesin dan sangat berpengaruh pada kualitas es krim yang dihasilkan.

Semakin besar kompressor yang terpasang pada mesin es krim, maka semakin besar kapasitas produk yang akan dihasilkan. Kompressor yang berkualitas tentu akan menghasilkan es krim yang bertekstur lembut dan memiliki rasa yang lezat.

  1. Condensor

Gas bertekanan dan bersuhu tinggi yang berasal dari kompressor akan dialirkan menuju kondensor sehingga gas tersebut berubah menjadi cair. 

Umumnya jenis condensor yang dipakai adalah kipas sehingga proses kondensasi menggunakan media aliran udara. Apabila proses kondensasi tidak berjalan secara sempurna, maka proses selanjutnya tidak akan berjalan dengan semestinya.

  1. Cylinder

Cylinder bertugas untuk mentransferkan suhu dingin ke dalam ruang cylinder yang sudah terisi adonan es krim yang diaduk oleh shaft crew bertenaga motor sehingga bisa berputar dengan putaran yang konstan.

Putaran tersebut akan membuat proses pembekuan adonan es krim menjadi lebih merata dan menciptakan butiran-butiran es krim.

Fitur Tambahan pada Mesin Es Krim

Selain komponen-komponen penting di atas, mesin es krim juga biasanya memiliki fitur tambahan yang disematkan untuk membantu proses produksi. Fitur tersebut juga menambah nilai jual dari mesin es krim tersebut.

Misalnya saja fitur pompa udara yang berfungsi untuk memperlancar keluarnya adonan es krim dari kran saji. Atau fitur alarm yang bisa memperingatkan Anda ketika adonan es krim hampir habis.

Selain itu masih banyak fitur-fitur lain yang bisa Anda temukan di ice cream machine. Karena kompleksitas mesin ini, nampaknya artikel ini tidak bisa mengajak Anda untuk lebih mengenali mesin es krim lebih dalam. Akhir kata, sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.