besi

Ini Kelebihan Menggunakan Baja Ringan Jakarta Untuk Bangunan

Penggunaan baja ringan untuk bangunan sekarang sudah bukan hal baru lagi. Baja ringan Jakarta punya ukuran yang beragam, baja ringan juga dipilih orang-orang karena masuk murah dalam segi biaya dibandingkan memakai kayu atau bambu. Selain dari harga, ada lagi kelebihan menggunakan baja ringan untuk bangunan rumah, ruko atau bangunan lain. 

Kelebihan Bahan Baja Ringan 

Kalau dibandingkan dengan material untuk atap  bangunan lain, baja ringan punya banyak kelebihan, yaitu:

1.    Tahan Pada Karat dan Rayap 

Baja ringan dibuat dari bahan dari galvalum yang mengandung banyak unsur di dalamnya seperti: karbon, mangan, alumunium, zink, silikon, dan tembaga Dan membuat baja ringan Jakarta lebih ringan dan tahan lama tanpa cepat berkarat seperti material besi umumnya. 

Lalu juga jika menggunakan bahan kayu, masalah yang sering ditemui adalah kayu hancur dan lapuk  dimakan rayap dan sering terkena hujan. 

2.             Bahan Lebih Kuat dan Lentur 

Baja ringan adalah material yang lebih lentur dibandingkan baja biasa Tegangan tarik dari baja ringan bisa sampai 550 Mpa. Sedangkan baja biasa hanya 300 Mpa. Sifat yang lentur ini membuat baja ringan mampu menyerap energi lebih besar. Selain itu, baja ringan juga bisa menahan kestabilan pada bangunan dibandingkan dengan material kayu.

3.             Bahan Mudah Didaur Ulang 

Baja ringan juga sangat mudah untuk didaur ulang atau gunakan kembali saat dibongkar dari pemasangan karena bahannya yang tidak mudah rusak dan berkarat. 

Beda dengan kayu yang jarang bisa digunakan lagi kalau sudah lapuk dan hancur karena rayap tadi. Melakukan daur ulang juga mengurangi limbah baja yang sudah menumpuk di pembuangan sampah yang bisa mencemari pemandangan sekitar rumah. 

4.             Pengerjaan yang Cepat 

Kelebihan baja ringan lainnya adalah pemasangan yang mudah. Karena inilah pengerjaan atap menggunakan baja ringan tidak memakan waktu yang banyak, dan relative cepat.

Itu dia berbagai kelebihan menggunakan baja ringan Jakarta pada atap rumah, atau bangunan lainnya. Selain menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat biaya material dan biaya pekerja yang mengerjakan bangunan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.