jasa pembuatan kosmetik

Harus Tahu! Ini Tahapan Penting Produksi Kosmetik di Jasa Pembuatan Kosmetik

Seiring berjalannya waktu, produk kosmetik maupun skincare di Indonesia mulai beraneka ragam dari yang sederhana hingga unik, termurah dan termahal. Kosmetik yang biasa anda lihat di toko-toko tidak begitu saja terlahir, namun melewati proses panjang hingga akhirnya resmi diperjualbelikan. Inilah 6 tahapan penting produksi kosmetik di jasa pembuatan kosmetik.

  1. Marketing Brief

Pembuatan marketing brief merupakan titik awal dari sebuah project. Supaya lebih mudah untuk diterapkan, tahap pertama ini harus dilakukan dengan mendetail. Tahap di jasa pembuatan kosmetik ini mencakup persyaratan kemasan dan juga produk, mengatur kategori produk, fungsi, aroma, warna, tekstur, ukuran, dan lain sebagainya.

  1. Formulasi Produk Kosmetik

Selanjutnya setelah dari marketing brief, dilakukan formulasi produk. Sebagai bahan perbandingan, diciptakanlah sejumlah prototipe produknya. Nantinya, tim akan melakukan evaluasi pada biaya, reaksi kimia, hingga konsentrasi formula.

  1. Pemilihan Bahan Baku dan Packaging

Akan ada tim yang melakukan pemilihan bahan baku serta supplier kemasan. Dilakukan analisa kembali seperti kualitasnya, biaya dan juga fungsi atau kegunaan sebagai penilaian tahap akhir. Setelah ada persetujuan, formulasi produknya akan segera diselesaikan.

  1. Desain Kemasan Produk

Proses pendesainan kemasan luar akan dilakukan oleh tim bagian desain. Proses ini tidak boleh disepelekan dan harus benar-benar diperhatikan. Karena kemasan luar adalah yang pertama kali dilihat oleh pelanggan nantinya. Komponen komponen penting seperti teks, warna, serta grafis dipilih dengan cermat sesuai dengan persyaratan dari marketing brief maklon kosmetik.

  1. Pengujian Kualitas

Sebelum proses produksi serta peluncuran dilakukan, harus ada kepastian bahwa produk telah aman untuk digunakan. Bukan hanya itu, produk juga harus memenuhi aturan supaya dapat dipasarkan. Uji kualitas harus dilaksanakan yang meliputi mikrobiologi dan toksikologi. Selain itu juga ada uji stabilitas untuk bisa membuktikan keamanan dari produk merek kosmetik saat digunakan.

  1. Penilaian Hasil Final Produk

Proses review prototipe akhir produk dilakukan untuk bisa menjamin kesesuaian dengan tahap marketing brief. Apabila prototipe produk telah berhasil dinyatakan lulus menempuh proses uji terakhir, maka tahap proses produksi pada kosmetik bisa segera dimulai. Kemudian setelah itu produk dapat segera dilakukan pemasaran.

Keinginan untuk memiliki produk kosmetik baru pastinya akan lebih mudah tercapai dengan pemilihan jasa kosmetik yang berkualitas dan terbaik. Bukan hanya proses atau prosedur pembuatan kosmetik saja yang harus dipahami, tetapi juga bagaimana cara memilih jasa yang sudah terpercaya.

Itu dia 6 tahapan penting dalam produksi jasa pembuatan kosmetik yang harus anda tahu. Mulai dari tahapan marketing brief hingga penilaian hasil final. Semua tahap tersebut dilakukan dengan penuh pertimbangan sehingga menghasilkan output yang diinginkan. Tentunya jika produk sesuai dengan rencana, pelanggan akan merasa puas dan itu adalah salah satu tujuan utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.