produk kredit bpr

Ini Produk-Produk BPR Jakarta Timur yang Harus Anda Ketahui

Sejak awal didirikan, produk kredit BPR memiliki misi baik untuk melayani kebutuhan modal masyarakat dengan prosedur kredit sederhana. Diharapkan kehadiran BPR Jakarta Timur, Yogyakarta, Semarang, atau BPR di daerah lain dapat membantu nasabah yang notabene berasal dari kalangan menengah ke bawah bisa terbebas dari rentenir. Lantas apa saja produk kredit BPR yang bisa dimanfaatkan?

Produk Kredit BPR

Bank Perkreditan Rakyat sejatinya tidak hanya melayani urusan kredit saja. Dalam pelayanannya diberikan pula fasilitas menabung dengan jaminan aman, mudah, dan dekat dengan masyarakat. Hal ini karena BPR pada umumnya memang berlokasi di desa atau kota-kota kecil.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat itulah BPR terus meningkatkan kemampuannya. BPR mengikuti perkembangan teknologi agar semakin modern dalam pelayanannya. Produk kredit BPR mengikuti amanat UU perbankan. Produk BPR memang lebih terbatas jika dibandingkan dengan bank umum tapi sudah cukup menjadi andalan dalam beroperasi, berikut diantaranya:

  1. Tabungan

Salah satu produk BPR Jakarta Timur adalah tabungan. Tabungan BPR sama sekali tidak dikenakan biaya administrasi untuk pembukaan ataupun penutupan. Jadi memang berbeda dengan bank umum. Biaya setoran awal pun sangat ringan mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000. 

Salah satu daya tarik dari tabungan BPR yaitu para nasabah bisa sewaktu-waktu tabungan yang dimiliki, kecuali jenis tabungan berjangka. Adapun untuk bunga tabungan dipatok sekitar 2-6% per bulan. Sementara untuk BPR Syariah berjalan dengan prosedur bagi hasil yang jika dikonversikan dalam bentuk bunga nilainya sekitar 5%.

  1. Deposito

Untuk produk deposito BPR relatif sama dengan deposito bank umum. Kesamaannya didapati pada rata-rata bunga 6% per tahun hingga pilihan skema 1, 3, 6, sampai 12 bulan. Menariknya produk deposito BPR memberi kebebasan nasabah untuk menarik dananya kapan saja tanpa penalti.

  1. Kredit

Produk kredit menjadi satu produk unggulan yang memang sesuai dengan misi utama memberikan bantuan pinjaman atau kredit kepada masyarakat. Kredit BPR cukup beragam dan ditawarkan bergantung inovasi BPR masing-masing. Ada kredit usaha kecil, kredit kepemilikan tanah, kredit kepemilikan rumah, dan kredit multiguna. Untuk persyaratan tidak jauh beda dengan yang diberlakukan di bank umum.

  1. Sertifikat Bank Indonesia

Sertifikat Bank Indonesia atau BI merupakan surat berharga yang dirilis Bank Indonesia sebagai bukti pengakuan utang berjangka waktu pendek. BPR dapat menempatkan dana dalam bentuk SBI terutama saat mengalami over liquidity.

Kesimpulan

Kehadiran BPR di Indonesia tidak terlepas dari kebutuhan kredit masyarakat pedesaan dan UMKM yang belum tersentuh bank umum. Kehadiran BPR dengan beberapa produknya jelas memberi solusi perkreditan rakyat yang lebih aman dan mudah dibandingkan pinjaman rentenir. Hal ini sesuai dengan prinsip BPR Jakarta Timur melayani kebutuhan modal dengan prosedur mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.