MENGGORENG LEBIH RENYAH DAN HIGIENIS DENGAN ALAT MASAK DEEP FRYER

Deep Fryer atau Deep Frying merupakan teknik menggoreng dengan minyak yang sangat banyak dalam sebuah alat masak. Dengan cara demikian, seluruh badan makanan terendam semua ke minyak goreng dengan masa waktu tertentu hingga matang. Ini sebuah teknik memasak yang biasa kita lihat di sejumlah resto cepat saji terkenal macam Mc Donald, KFC, CFC, dan di kafe serta tempat makan yang mempunyai menu masakan aneka gorengan. Seperti kentang goreng, nugget, tempura, ebi furai, pisang goreng, aci, ubi goreng, dan aneka gorengan lainnya.

Bukan Alat Masak Biasa

Dengan alat masak dalam bentuk deep fryer, makanan yang kita masak akan lebih matang merata. Baik matang didalam, sampai matang keluar. Ini karena tehnik menggoreng tersebut menyebarkan panas minyak secara merata. Tekstur masakan yang digoreng jadi lebih renyah dan crispy. Rasa gorengan lebih lezat. Wanginya harum, dengan warna masakan yang bisa cerah dan kuning keemasan (golden brown). Bahkan uniknya, masakan lebih garing dan kering dari tumpukan minyak goreng setelah ditiriskan cuma sekitar setengah menit saja. 

Waktu memasak dengan menggunakan Deep Fryer sangatnya cepat. Tak heran, alat masak ini pasti digunakan di resto cepat saji, kafe, dan tempat makan untuk segera memenuhi pesanan semua pengunjung yang datang. 

Alat masak Deep Fryer ini merupakan alat masak modern dan sangat pas buat masyarakat kekinian. Modelnya sangat simpel, futuristik, dengan material yang kebanyakan dibuat dari stainless steel yang tebal, kokoh dan anti-bocor. Dengan bahan material besi baja itu membuat makanan jadi lebih terjaga kebersihannya.

Model Deep Fryer memang tidak seperti wajan beserta kompor biasa. Adapun model alat masak ini secara umum seperti 2 kotak mirip CPU, dimana satu kotak sebagai wajan masak dan satunya lagi sebagai tempat meniriskan makanan. Selain wajan, ditambahkan pula alat saring dengan model kotak serupa guna mengambil makanan dari wajan lalu tiriskan di tempat sebelahnya. Wajan kotak itu juga ditambahkan dengan penutup agar kita terhindar dari letupan dan percikan minyak goreng. Jadi kita yang sedang masak pun terasa aman dan terlindungi.

Ada juga model yang bisa digunakan di rumah, yakni model seperti baskom dengan penutup dan alat peniris dengan ukuran standar. Alat masak deep fryer model tersebut bisa diletakkan diatas tungku kompor untuk digunakan memasak. Ini pastinya sangat berguna buat kita yang ingin merasakan aneka gorengan yang rasanya mirip dengan hasil makanan dari resto siap saji. Tempat menyimpannya pun juga tidak perlu ruang khusus seperti alat masak deep fryer berbentuk kotak. Tinggal disimpan di lemari dapur, maka alat masak akan terjaga dan bisa diambil sesekali saat ingin digunakan.

Untuk sumber energinya, alat masak deep fryer ada yang menggunakan listrik elektrik (electric fryer) dan ada juga yang menggunakan bahan bakar gas. Tak heran, masak jadi berasa lebih bersih dan tidak bau asap.

Demikian ulasan tentang alat masak Deep Fryer. Cari model yang pas buat kebutuhan Anda sendiri, apakah buat cafe dan bisnis Anda, atau sebagai alat masak di rumah. Pastinya, cari produk alat masak yang bermutu dan berkualitas prima agar awet digunakan. Harga juga kalau bisa terjangkau atau sesuai kualitasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.