dua pria sedang memasak di dapur

Mengenal Teknik Memasak dengan Sous Vide Machine

Mungkin belum banyak orang yang mengenal istilah Sous Vide Machine. Walaupun, peralatan memasak dan teknik membuat makanan ini sudah banyak digunakan. Terutama, di restoran-restoran besar yang punya jam makan sibuk dan juga banyak pelanggan. 

Sekilas, teknik memasak dan peralatannya ini terdengar seperti teknik tingkat tinggi yang sulit. Namun, sebenarnya siapapun sangat mungkin untuk melakukan teknik ini. Tidak hanya bisa diterapkan di restoran saja, bahkan di dapur-dapur perumahan. 

Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya tidak banyak orang yang familiar dengan istilah ini. Karena itu, dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai teknik memasak Sous Vide dan masakan seperti apa yang bisa diciptakan dari teknik dan peralatan masak ini. 

Mengenal Teknik Memasak Sous Vide 

Sous Vide merupakan cara memasak  yang memanfaatkan pengaturan suhu untuk mendapatkan tingkat kematangan tertentu. Pengaturan suhu harus dilakukan dengan presisi dengan berbagai medium. Kebanyakan medium yang digunakan adalah panas atau air

Sous vide sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Prancis. Kata ini memiliki arti secara harafiah yaitu under vacuum. Sesuai dengan arti dari teknik memasak ini, makanan biasanya memang diletakkan dalam tempat tertentu dan diberi suhu serta tekanan tertentu. 

Biasanya, makanan diletakkan ke dalam wadah yang kedap udara. Semua udara di dalam wadah dikeluarkan atau dalam kata lain divakum. Kemudian, wadah ini akan diletakkan di dalam air dalam waktu yang cukup lama. Mulai dari 1 jam bahkan ada yang sampai 7 jam. 

Bahkan, pada kondisi tertentu proses memasak ini membutuhkan waktu sampai 48 jam. Suhu air yang digunakan sudah diatur agar lebih stabil dan tidak berubah-ubah. Tujuan utama dari cara ini adalah mendapatkan kematangan sempurna dan seragam di setiap sisi. 

Jadi, teknik sous vide ini bisa mencegah ada sisi yang terlalu matang. Selain itu, teknik ini juga lebih baik dalam menjaga kelembaban makanan. Walaupun, dengan teknik sous vide ini makanan bisa dinyatakan dalam kondisi matang. 

Namun, pada banyak restoran masih perlu dilakukan proses finishing terlebih dahulu. Caranya dengan membakar atau memanggang bahan makanan lebih dulu sebelum disajikan. 

Makanan Apa yang Bisa Disajikan dengan Sous Vide Machine 

Makanan yang paling banyak diproses dengan cara ini adalah steak. Namun, cara memasak sous vide juga cukup ideal untuk memasak berbagai jenis ikan dan juga berbagai jenis daging lainnya. 

Dengan melakukan teknik ini di rumah, siapapun bisa menikmati steak atau protein lainnya dengan penyajian yang ala hotel bintang 5. Namun, memang perlu diakui jika melakukan teknik memasak sous vide machine di rumah akan membutuhkan banyak sekali usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.