tabungan simpanan pelajar

Cara Membuat Tabungan Simpanan Pelajar

Membuat Tabungan simpanan pelajar sebetulnya tidak rumit dan bisa dilakukan dengan cepat asalkan mengikuti prosedur yang berlaku. Namun seperti namanya, tabungan pelajar ini diperuntukkan bagi yang masih dalam usia pelajar aktif.

Sehingga perlu diingat peranan dan pendampingan orangtua atau wali dari pelajar yang telah bersangkutan. Terutama bagi anak yang berusia dibawah 15 tahun, sangatlah penting dalam membuka rekening tabungan.

Secara umum, berikut ini sudah ada langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat rekening tabungan bagi pelajar. Di bawah ini sudah ada beberapa penjelasan yang bisa Anda ketahui lebih dulu.

  1. Cari Informasi Bank dan Tabungan

Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan tabungan khusus anak dan pelajar. Bahkan, bisa dibilang hampir semua bank terkemuka yang sudah memilikinya. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari informasi mengenai tabungan tersebut agar tidak salah pilih nantinya. Beberapa jenis tabungan pelajar yang ada saat ini yaitu BRI Junio, BNI Taplus Muda dan Anak, BII Superkidz iB, BTN Junior, Tabungan Junior Panin, dan lain sebagainya.

  1. Pilih Tabungan yang Tepat

Masing-masing tabungan dan bank penyedia secara general pasti sudah mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setelah Anda mengumpulkan informasi lengkap mengenai tabungan-tabungan pelajar tersebut, bisa mulai menyortir berdasarkan kebutuhan dan keadaan.

Anda juga dapat memilih tabungan berdasarkan fasilitas yang diberikan atau biaya bulanan dikenakan. Pastikanlah tabungan yang dipilih memang tabungan yang tepat bagi anak Anda sebagai pemilik rekening.

  1. Persiapkan Syarat yang Diminta

Setelah Anda memilih tabungan yang dirasa tepat, selanjutnya perlu menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membuat rekening tabungan. Hal pertama yang harus diperhatikan, yakni usia.

Apakah anak Anda sudah memenuhi usia yang menjadi persyaratan rekening tabungan tersebut. Ada rekening tabungan yang digunakan untuk anak mulai dari usia 0 tahun.

Ada yang baru bisa dibuka bagi pelajar usia sekitar 15 tahun. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang sebagai setoran awal yang disyaratkan oleh bank.

Secara umum, Tabungan simpanan pelajar dan anak memiliki jumlah setoran awal yang lebih sedikit ketimbang tabungan bagi orang dewasa. Akan tetapi, Anda perlu memastikan lagi jumlahnya pada bank terkait.

Setelah itu, hal yang paling penting untuk disiapkan, yaitu dokumen penting yang menjadi syarat utama dalam pembuatan rekening. Setiap bank bisa saja memberikan syarat yang berbeda mengenai dokumen ini tergantung dari kebijakan masing-masing. 

Namun pada umumnya, berikut ini sudah ada beberapa dokumen yang biasa dijadikan syarat pembuatan rekening Tabungan simpanan pelajar:

  • Kartu identitas, seperti kartu pelajar, akte kelahiran, serta paspor.
  • KTP orangtua
  • Kartu keluarga (KK)
  • Surat pernyataan pembuatan rekening yang telah ditandatangani oleh orangtua
  • Surat keterangan dari sekolah
  1. Mendaftarkan ke Bank

Jadi begitu persyaratan sudah lengkap, Anda bisa langsung mendatangi bank terkait untuk membuka rekening tabungan. Umumnya, satpam akan mengarahkan Anda untuk mengantri di bagian customer service.

Kemudian, bisa diminta untuk mengisi formulir pembuatan rekening. Proses pembuatan rekening tabungan ini bisa bervariasi tiap bank-nya.

Namun, rata-rata prosesnya akan menghabiskan waktu satu hingga tiga jam. Alangkah baiknya, Anda mengajak dan anak Anda agar melihat langsung bagaimana proses pembuatan Tabungan simpanan pelajar miliknya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.