Ilustrasi Atap Metal Pasir

Kelebihan dan Kekurangan Atap Metal Pasir untuk Bangunan

Bagi Anda yang belum mengenal genteng atau atap metal pasir, maka perlu tahu bahwa jenis atap ini merupakan atap yang terbuat dari bahan dasar logam atau metal dengan tambahan komponen lainnya yang membuatnya memiliki tekstur atas seperti pasir. Akan tetapi, kurang lengkap rasanya jika hanya mengenal saja tanpa tahu kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan Atap Metal Pasir

Banyak dicari tentu bukan tanpa alasan. Atap ini memiliki segudang keunggulan yang membuat Anda juga pasti akan meliriknya ketika sudah mengetahui kelebihan utamanya. Beberapa kelebihan dari atap jenis metal pasir adalah sebagai berikut.

  1. Ramah lingkungan

Keunggulan pertama dari atap ini adalah ramah lingkungan sebab menggunakan material-material yang membuatnya tidak banyak mempegaruhi atau merugikan lingkungan.

  1. Banyak pilihan model

Selain ramah lingkungan, genteng ini juga banyak pilihan modelnya sehingga bisa Anda sesuaikan dengan selera.

  1. Tidak mudah terlepas

Sistem interlock yang sipasang membuat atap metal pasir tidak mudah terlepas sehingga tergolong kuat saat diterapkan.

  1. Antikarat

Bahkan, unggul juga dalam hal anti korosi atau antikarat yang membuatnya semakin awet.

  1. Kenyamanan termal yang baik

Kemampuannya yang bisa meredam bising dan panas membuat atap jenis metal pasir dikenal memiliki kenyamanan termal yang baik.

Kekurangan Atap Metal Pasir

Nah, selain keunggulan jenis atap ini juga dikenal memiliki beberapa poin kekurangan sebagai berikut.

  1. Rentan dengan tekanan

Salah satu kekurangan dari atap jenis metal pasir ini adalah rentan dengan tekanan. Meskipun dikenal memiliki kekuatan yang tergolong bagus, namun atap ini hanya memiliki ketebalan sekitar 0,2 mm sampai 0,4 mm sehingga tidak bisa terhindar dari tekanan yang tinggi. Kondisi ini juga yang menyebabkan atap tersebut akan mudah rusak ketika sering diinjak.

  1. Warna mudah terkelupas

Selain rentan terhadap tekanan, ada beberapa kondisi yang membuat warna atap jenis metal pasir ini mudah terkelupas. Salah satunya ketika sering menghadapi cuaca ekstrem.

Itulah beberapa pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan dari atap metal pasir yang perlu Anda tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.