atap

Kenali Tentang Bondek untuk Atap dan Beragam Ukurannya

Dalam bangunan rumah, ada banyak bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu bagian bangunan yang memiliki fungsi penting yaitu atap. Atap digunakan sebagai penutup bagian atas rumah sehingga interiornya bisa terlihat rapi dan indah. Atap bisa terbuat dari bondek berkualitas yang tahan cahaya matahari. Sudah tahu tentang bondek untuk atap?

Sekilas Tentang Bondek

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kegunaan dan fungsi bondek dalam sebuah bangunan. Bondek memiliki nama lain floordeck merupakan bahan material berupa lembaran yang terbuat dari galvalum berlapis aluminium atau galvanis. Bondek biasa dimanfaatkan sebagai bahan pengganti triplek untuk bagian plafon atau atap bangunan. Umumnya material bondek juga digunakan untuk mengecor lantai bangunan yang dikenal dengan metal decking. 

Bondek nantinya disangga dengan balok biasa atau dikenal balok baja. Metal decking merupakan metode yang digunakan untuk membantu atap agar bisa menahan hawa panas supaya tidak mudah masuk ruangan. Metode satu ini sangat cocok digunakan dalam gedung bertingkat sebagai lantai beton ataupun plafon atap. Beberapa orang sengaja menonjolkan bondek dengan menggunakan cat finishing supaya tampilannya terlihat indah. 

Bondek memiliki karakteristik bersinar dan bergelombang dengan bahan yang amat kokoh. Bondek sudah termasuk dalam baja ringan yang umumnya banyak digunakan dalam pembuatan atap. Jadi bagi Anda yang ingin mendirikan bangunan dengan budget terjangkau, maka bisa menggunakan bondek untuk atap yang berkualitas dan kuat. 

Mengenal Beragam Ukuran Bondek

Bagi Anda yang belum mengenal bondek sebelumnya, mungkin bingung dengan ukuran dan jenis-jenis yang biasa digunakan. Ukuran bondek biasanya dihitung dengan mempertimbangkan dimensi panjang, lebar, dan juga ketebalannya. Bagian tersebut nantinya akan menjelaskan ukuran bondek secara luas untuk membantu mengukur kebutuhan bondek yang nantinya digunakan. Berapa kira-kira ukuran bondek yang biasa digunakan? 

Perlu diketahui panjang bondek yang ada dalam toko, agen, ataupun tempat lainnya sangat bervariasi. Panjang bondek dimulai dari angka terpendek mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter, dan juga 6 meter. Sedangkan untuk lebarnya yang biasa dijual dari toko sangat bervariasi mulai dari 60 cm, 70 cm, 80 cm, dan 100 cm. Umumnya masyarakat sering menggunakan bondek dengan ukuran lebar 100 cm. Sesuaikan ukuran bondek dengan kebutuhan Anda ya!

Jenis-Jenis Bondek

Bondek yang biasa digunakan dalam bangunan biasanya terdiri atas beberapa jenis. Ada bondek galvanis, bondek aluminium, bondek tembaga, bondek seng, bondek baja, dan masih banyak lagi. Setiap jenis bondek memiliki karakteristik masing-masing, sehingga budget yang dibutuhkan juga berbeda. Bagaimana tertarik menggunakan bondek untuk atap? Soal kualitas tentunya sebanding dengan harga, jadi Anda bisa mempertimbangkan bondek paling cocok untuk memperindah interior bangunan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.