ilustrasi griddle

3 Tips Memilih Griddle Electric yang Berkualitas

Griddle electric adalah alat masakan berupa panggangan, yang memiliki kombinasi 2 panggangan berbeda dalam satu produk. Panggangan elektrik digunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan seperti steak, sate, ikan, daging dan juga segala jenis makanan yang dapat dimasak di atas panggangan datar.

Electric griddle memiliki permukaan kotak yang bertekstur atau bergelombang dan menggunakan energi listrik sebagai tenaga untuk menyalakan elemen pemanas, dengan begitu panggangan tidak terlalu banyak mengeluarkan asap selama penggunaannya.

Alat ini di desain dengan bentuk yang compact dan memiliki permukaan yang luas. Keuntungan dari alat ini ialah panas yang dihasilkan lebih halus dan merata, memiliki pengaturan temperatur untuk mengatur panas yang dihasilkan sesuai keinginan. 

Selain itu, terdapat beberapa kekurangannya, yaitu kabel listrik yang berasal dari alat ini biasanya terlalu pendek, sehingga sulit untuk mengakses sumber listrik. Minyak pada grill cukup sulit untuk dibersihkan, karena grill jenis ini biasanya menyatu dengan komponen listrik, sehingga harus berhati-hati agar tidak terjadi korsleting.

Tips Memilih Griddle Electric

  1. Pilih Ukuran Dan Kapasitas

Saat Anda membeli alat pemanggang listrik, pastikan untuk memperhatikan ukuran dan kapasitasnya. Panggangan listrik jauh lebih kecil dari panggangan pada umumnya, sehingga cocok digunakan di dapur atau di teras rumah. Anda tidak perlu ruang besar atau ruang untuk menggunakannya. 

Namun, Anda tetap perlu mengukur dan menentukan ruang yang dibutuhkan. Selain itu, ukuran juga menentukan kapasitas. Ada griddle electric di pasaran yang hanya cukup untuk kebutuhan 2 orang. Ukuran juga tersedia untuk memuat empat orang atau lebih. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran pemanggang listrik yang Anda beli dengan jumlah anggota rumah tangga atau keluarga besar Anda.

  1. Periksa Kualitas Bahannya

Sebelum membeli pemanggang listrik, ingatlah untuk memilih bahan berkualitas yang akan digunakan. Umumnya, pemanggang listrik terbuat dari besi, baja, dll. Bahan yang berbeda juga menentukan kualitas dan metode pembersihan.

Pastikan saja bahan-bahannya aman untuk makanan sehingga lebih aman untuk dimasak. Cek juga apakah bahannya bisa menahan panas dengan baik, agar waktu memasaknya optimal.

  1. Periksa Suhu Dan Pengaturan Yang Tersedia

Saat memilih electric griddle, salah satu fitur terpenting yang harus dimiliki adalah suhu. Dengan bantuan pengaturan suhu, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan suhu yang diinginkan dengan jenis makanan yang akan diolah. Pastikan fungsi suhu ini mudah digunakan untuk memudahkan memasak.

Periksa juga pengaturan apa yang tersedia pada griddle electric yang Anda beli. Lihatlah tombol yang berbeda dan pelajari tentang fungsinya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penjualnya mengenai fungsi dari masing-masing tombol pada alat tersebut agar Anda dapat memahami cara kerjanya dengan benar dan Anda bisa memasak tanpa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.