ilustrasi coffee grinder

Berbagai Tipe Coffee Bean Grinder Elektrik yang Bisa Anda Pilih

Mana nih coffee lovers? Untuk menyeduh kopi setiap harinya menggunakan coffee grinder model apa nih? Biji kopi yang sudah digiling kemudian langsung diseduh memang terasa akan sangat nikmat. Mengapa demikian? Aroma dan rasanya terkenal sangat otentik berbeda dengan kopi instan yang di jual di pasaran. Mesin penggiling kopi sendiri memiliki banyak variasi, sehingga Anda bisa menemukan tips, fungsi, dan juga desain. 

Jenis mesin yang banyak dipilih terutama untuk kebutuhan komersial yaitu grinder kopi elektrik. Sekarang ini, banyak sekali bermunculan merk grinder kopi yang bagus dan harganya juga beragam. Anda bisa memilih grinder elektrik sesuai dengan kebutuhan agar bisa terus manfaat untuk kedepannya. Ada berbagai grinder kopi elektrik yang sesuai dengan tipe gilingan dan tempat peletakannya seperti penjelasan berikut ini. 

Grinder Kopi Tipe Cut

Grinder elektrik tipe cut banyak sekali digunakan untuk kepentingan bisnis misalnya mendirikan kedai kopi. Mesin penggiling elektrik bisa menghasilkan bubuk kopi yang sangat halus dalam waktu yang sangat singkat. Tingkat keakuratan bubuk kopi juga sangat baik sehingga hasilnya berkualitas. Dengan proses penggilingan yang relatif singkat, maka aroma biji kopinya tidak akan hilang sehingga Anda akan merasakan cita rasa original. 

Makin besar grinder elektrik tipe cut, maka suara mesin penggiling juga akan semakin keras. Anda bisa memilih 2 jenis grinder elektrik tipe cut diantaranya conical type dan flat type. Tipe keduanya bisa menghasilkan gilingan kopi yang sangat akurat, sehingga flat type-nya juga mahal. Ketika menggunakan flat type, maka Anda tidak perlu repot-repot mengkalibrasi atau pemanasan karena jarang mengalami error. 

Grinder Elektrik Tipe Mortar

Coffee bean grinder elektrik tipe mortar akan bekerja dengan menggunakan roda bergerigi. Hasil gilingannya berupa bubuk kopi, teksturnya kasar kemudian bagian kecilnya berupa bubuk halus. Walaupun suaranya berisik, namun waktu penggilingan berjalan dalam waktu sangat singkat. Jika ditinjau dari segi harga, grinder tipe mortar harganya memang lebih terjangkau dibandingkan grinder elektrik tipe cut sebelumnya. 

Saat menggunakan grinder elektrik tipe mortar, maka Anda harus benar-benar memperhatikan cara perawatannya. Mengapa demikian? Pada saat proses penggunaannya, maka akan ada banyak sekali bubuk kopi halus yang menempel. Hal ini dikarenakan kinerja mesin grinder elektrik mortar menggunakan listrik statis. Berminat menggunakan grinder elektrik mortar?

Grinder Elektrik Propeller Type

Ada juga jenis coffee bean grinder elektrik propeller type yang memiliki harga lebih ekonomis. Alat satu ini memiliki mata pisau yang berotasi dengan kecepatan tinggi, sehingga cara penggunaannya cukup mudah dipelajari oleh banyak orang. Anda perlu menggiling biji berkali-kali untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Coba periksa teksturnya secara manual karena proses penggilingan propeller lebih lama dibandingkan tipe sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.